Manfaat dan Ruang Lingkup Akupunktur

Akupunktur merupakan warisan penting ilmu kedokteran tradisional Cina. Karena efektifitas dan memanjurannya, terutama dalam pengobatan penyakit - penyakit kronis dan penyakit – penyakit yang susah disembuhkan dengan pengobatan Medis biasa menyebabkan ilmu ini berkembang dengan pesat dan diterima hampir disemua bagian Ilmu Kedakteran Barat Modern. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat untuk Obat-obatan Alternatif dan Komplementer Nasional (NCCAM), Asosiasi Medis Amerika (AMA) dan beberapa laporan resmi juga telah mempelajari serta memberi komentar tentang kemanjuran akupunktur



 Artikel Selengkapnya



Manfaat dan Ruang Lingkup
Akupunktur

 

 

Akupunktur (Bahasa Inggris: Acupuncture; Bahasa Latin: acus, "jarum" (kata benda), dan pungere, "tusuk" (kata kerja)) atau dalam Bahasa Mandarin standard, zhen jiu (?? arti harfiah: jarum - moxibustion) adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam "titik akupunktur" tubuh. Menurut ajaran ilmu akupunktur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit. Definisi serta karakterisasi titik-titik akupunktur ini sudah di-standardisasi-kan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Akupunktur berasal dari Tiongkok dan pada umumnya dikaitkan dengan Obat-obatan Tradisional Tiongkok. Bermacam-macam jenis akupunktur termasuk yang ada di Jepang, Korea, dan Tiongkok klasik dipraktekkan dan diajarkan di seluruh dunia. Ditinjau dari percobaan-percobaan klinis yang ada menurut protokol obat-obatan berdasarkan bukti; beberapa ilmuwan telah menemukan kemanjurannya untuk lebih dari 200 macam gejala penyakit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat untuk Obat-obatan Alternatif dan Komplementer Nasional (NCCAM) yang berada di bawah naungan Institut Kesehatan Nasional (NIH), Asosiasi Medis Amerika (AMA) dan beberapa laporan resmi juga telah mempelajari serta memberi komentar tentang kemanjuran akupunktur. Terdapat persetujuan umum bahwa akupunktur adalah aman apabila dilakukan oleh praktisi yang terlatih, dan bahwa penelitian lebih jauh tentang akupunktur diperlukan.

Akupunktur merupakan warisan penting ilmu kedokteran tradisional Cina. Karena efektifitas dan memanjurannya yang menakjubkan, terutama dalam pengobatan penyakit - penyakit kronis dan penyakit – penyakit yang susah / tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan Medis biasa menyebabkan ilmu ini berkembang dengan pesat dan diterima hampir disemua bagian Ilmu kedokteran barat Modern, seperti, seperti Internis ( Penyakit Dalam ), Pediatrik ( Anak ), Obstetri dan Ginekologi (Kebidanan dan kandungan), Bedah dan Anestesi, Oftalmologi (Mata), Otorinolaringologi ( THT ), Dermatologi ( Kulit / kosmetik / kecantikan ) Neurology ( syaraf), Psikiatri ( Jiwa) , dll.Dalam pratek sehari – hari Akupunktur digunakan untuk mengobatai lebih dari 200 macam Gejala Penyakit.

Manfaat dan Ruang Lingkup Akupunktur :

A. Akupunktur Terapi (Pengobatan Penyakit)

1. Asma, Bronkitis , Diabetes Melitus (kencing manis) , Kencing batu , Hipetensi (darah tinggi) , Hemoptisisi (Batuk Darah) , Artritis (Radang Sendi) , Rematik , Asam Urat , Angina Pektoris (Nyeri Dada / Penyempitan Pembuluh darah) , Typus , Usus Buntu , Penyakit Liver , ( Hepatitis , Sirosis ) , Hemoroid ( Ambeien) , Hernia, Batu Ginjal , Radang Ginjal.

2. Gastritis (Radang lambung / Maag) , Tukak Lambung , Enteritis (Radang Usus) , Diare , Disentri , Konstipasi (susah BAB) , Vomitus ( Muntah ) , Hiccough (cegukan).

3. Common Cold (Masuk angin) , Rinitis , Tinitus (telinga berdenging) , Otitis (Radang Telinga) , Tuli , Buta Warna , Epistaksis (Hidung Berdarah) , Parotitis (Gondong) , Sinusitis , Afonia , Afasia , Serak , Anosmia .

4. Amenore (Henti Haid) , Desmenore (Nyeri Haid) , Haid tidak teratur , Prolapsus Uteri , Leukore (Keputihan) , Endometritis ( Radang Rahim) , Orkitis, Mastitis , Pendarahan rahim.

5. Sefalgia (Sakit Kepala) , Migren ( Sakit kepala sebelah) , Neuralgia Trigemenal , Enuresis (Ngompol) , Paralisis (Kelumpuha) , Stiff Neck, Shoulder Pain , Neuritis (Radang Syaraf) , Parestesia (kesemutan / Baal), Lumbago (Sakit pinggang).

6. Disuria (Sakit Kencing) , Polakisuria (Sering Kencing) , Impotensia (Lemah syahwat) , Dispungsi Ereksi / Ejakulasi Dini) , Frigiditas (Tidak ada gairah sex) , Infertil ( Mandul) .

7. Urtikaria (Geligata / Biduran) , Eksim , Akne ( Jerawat) , Varises , Alopesia (Kebotakan)

8. Stress Depresi, Psikosis, Insomnia (Susah tidur) , Palpitasi ( Berdebar – debar) , dll

B. Akupunktur Preventif (Pencegahan Penyakit)

Akupunktur juga digunakan untuk mencegah datangnya bermacam- macam penyakit seperti tersebut di atas dengan meningkatkan daya tahan seseorang dan mengembalikan fungsi organ–organ tubuhnya ke kondisi yang normal . Untuk pencegahan penyakit idealnya seseorang diakupunktur sekali dalam sebulan, minimal 6 bulan sekali . Pencegahan datangnya penyakit jauh lebih baik dari pengobatan penyakit itu sendiri.

C. Akupunktur Kecantikan / kosmetik

Di bidang kosmetik dan kecantikan Akupunktur dapat digunakan untuk menghaluskan kulit, menghilangkan keriput / mengencangkan kulit, mengobati jerawat dan juga yang paling penting adalah untuk mengaktifkan Inner Beauty yaitu kecantikan yang terpancar dari dalam jiwa / batin seseorang dengan membersihkan dan kemudian mempertebal Aura kecantikan yang menyelimuti wajahnya (hal ini dapat dibuktikan dan dilihat dengan teknik Fotografi Kirlian). Semakin tebal Aura kecantikan seseorang semakin bercahayalah wajahnya. Wajahnya akan terlihat berbinar–binar dan memancarkan daya tarik yang sangat kuat terhadap orang lain maupun pasangannya. Inner Beauty bahkan terkadang sudah terpencar pada pengaktifan yang pertama. Akupunktur juga dapat digunakan untuk pengontrolan berat badan (menaikan atau menurunkan), mengontrol nafsu makan , dll.

 



Edited and Published by : Klinik Dr. Rocky™

Media

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.